Terima kasih telah menjadi pengajar, teman, saudara, dan orang tua. Selamat Hari Guru Sedunia.

Hari Guru Sedunia yang diperingati sejak tanggal 5 November 1994 untuk merayakan adopsi 1966 ILO/UNESCO Recommendation tentang status guru. Rekomendasi itu mengatur berbagai hal terkait hak dan tanggung jawab, serta standar persiapan awal seorang guru. Hari Guru juga diperingati untuk memberikan dukungan, semangat, apresiasi kepada semua guru yang memberikan pelajaran serta mengedukasi setiap anak-anak dengan sabar dan mencerdaskan bangsa.

Terlebih di masa pandemi Covid-19 ini, para guru akan berjuang memberikan pembelajaran dan materi melalui daring, walaupun tidak dengan bertatap muka. Banyak terobosan yang telah dilakukan oleh para guru dalam pembelajaran di tengah pandemi.

Sistem pembelajaran daring adalah bagaimana seorang guru tetap kreatif untuk menyajikan pembelajaran daring secara menyenangkan dan mudah dimengerti sehingga para siswa tidak merasa bosan dan tetap produktif di rumah.

Adapun proses pembelajaran melalui kebanyakan melalui aplikasi Zoom untuk bertatap muka, menggunakan Google Classroom untuk memberikan tugas dan mengirimnya melalui aplikasi tersebut

Para guru juga telah bekerja sendiri dan berkelompok untuk menemukan solusi dan lingkungan pembelajaran yang baru serta aman.

Di samping peran orang tua siswa, guru juga memiliki peran strategis untuk membuat tangguh siswa dengan berusaha memotivasi mereka untuk disiplin belajar, semangat dalam melaksanakan tugas, aktif dalam sesi presentasi, dan menghidupkan interaksi online dengan guru-guru dan teman-teman, dan tetap berusaha berkarya melalui pemanfaatan berbagai media dan sumber belajar.

Selamat Hari Guru Sedunia
Semoga rakyat semakin sadar betapa pentingnya kehadiran guru di tengah masyarakat dalam membangun peradaban. Semua usaha dan kerja keras guru telah membantu murid mencapai potensi terbaiknya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *