STIE Nobel Indonesia – Jeger Barber & Coffeeshop, Jalin Kerjasama Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Makassar, NIDC—Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Nobel Indonesia bersama Jeger Barber & Coffeeshop menjalin kerjasama di bidang penelitian dan pengabdian masyarakat. Kerja sama keduanya juga ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang bertempat di Jeger Barber & Coffeeshop, Jl. Skarda N 1 No. 22 Gunung Sari Makassar, Jumat, (21/05/2021), kemarin.

Wakil Ketua I Bidang Akademik STIE Nobel Indonesia—Dr. Ahmad Firman, S.E., M.Si., mengemukakan bahwa STIE Nobel Indonesia sebagai perguruan tinggi yang konsisten pada kewirausahaan akan terus berupaya mengajak pengusaha-pengusaha untuk bermitra terutama yang berada di sekitar kampus.

“Ini merupakan tanggung jawab akademis dunia kampus dengan masyarakat. Selain itu, Usaha Kecil Menengah (UKM) tersebut dapat menjadi tempat Praktek Kerja Industri (Prakerin) bagi mahasiswa kami,” ungkapnya.

Sementara itu pimpinan Jeger Barber & Coffeeshop, Arman Umar, SE., M.M., sangat mengapresiasi kepedulian kampus STIE Nobel Indonesia terhadap para pelaku UKM. Selama ini, kata Arman, cukup banyak mahasiswa Nobel dan mahasiswa dari perguruan tinggi lain yang berdiskusi di Jeger.

“Mayoritas pelanggan kami adalah mahasiswa dan mahasiswi. Di bulan Ramadhan tahun ini, kami mengadakan Webinar Bisnis Digital atas bantuan dosen dari STIE Nobel Indonesia,” kata Arman yang juga adalah Pemimpin Cabang PT Bank Sulselbar Cabang Syariah Mamuju.

Tak hanya itu, lanjut Arman, kami juga sudah bersepakat untuk kerjasama penelitian dengan dosen dari STIE Nobel Indonesia yaitu Dr. H. Mashur Razak, S.E., M.M., dan Dr. La Ode Amijaya K., M. Adm. KP., dan Agunawan, S.Kom., M.Kom., untuk mengembangkan sebuah model atau platform berbasis komunitas dengan manajemen hubungan pelanggan.

“Kami dari Jeger siap mendanai penelitian tersebut,” jelasnya.

Salah satu peneliti yang ikut menghadiri penandatanganan MoU tersebut, yakni Agunawan, S.Kom., M.Kom., memaparkan bahwa platform yang dikembangkan diawali dengan pembuatan website https://jeger.id berbasis e-commerce.

“Ini yang akan menjadi pohonnya. Kemudian dibuatkan halaman (Facebook dan Instagram), Video Sharing (YouTube dan Tik tok) dan aplikasi pesan (WhatsApp dan Telegram), semuanya akan diintegrasikan” paparnya.

Khusus untuk pelanggan setia, Agunawan menjelaskan akan dibuatkan komunitas (Sub Domain) berupa Landing Page.

“Yang bisa digunakan untuk memasarkan produk dan jasa mereka,” jelasnya.

“Ini merupakan strategi dalam menjaga hubungan dengan pelanggan”, tutup Agunawan. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *