STIE Nobel Indonesia-Jeger Barber & Coffeeshop Gelar Webinar UMKM

MAKASSAR, NIDC— Sebagai implementasi kepedulian terhadap Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Nobel Indonesia bersama Jeger Barber & Coffeeshop menggelar webinar series #1, Bisnis Digital dengan tema “Memulai dengan Secangkir Kopi”. Kegiatan ini berlangsung di Lantai 2 Jeger Barber & Coffeeshop, Jl. Skarda N.1 No.22 Gunung Sari Makassar dan dilaksanakan secara blended, Sabtu, (01/05/2021).

Owner Jeger Barber & Coffeeshop, Arman Umar, S.E., M.M., sekaligus Pemimpin Cabang PT. Bank Sulselbar Cabang Syariah Mamuju, yang bertindak sebagai moderator pada kegiatan ini menceritakan semangatnya dalam mengembangkan bisnis warung kopi di tengah padatnya aktivitas di Mamuju. Suka-duka dibagikan kepada kurang lebih 100 peserta webinar kali ini, yang didominasi oleh mahasiswa.

Webinar ini dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua I Bidang Akademik STIE Nobel Indonesia—Dr. Ahmad Firman, S.E., M.Si. Dalam kapasitasnya yang juga selaku narasumber, ia mengungkapkan pentingnya pendidikan berwirausaha dikembangkan sejak dini. “Cukup banyak ide atau gagasan bisnis digital yang dapat dilakukan, tapi yang kurang adalah action,” ungkapnya.

Narasumber lain yang juga Dosen Pascasarjana STIE Nobel Indonesia, Dr. La Ode Amijaya K., M. Adm. KP., sekaligus CEO detiksultra.com, memaparkan strategi dan analisis dalam mengembangkan bisnis digital. Ia juga menjelaskan pentingnya membangun brand usaha sebagai pembeda usaha sejenis lainnya, “jika brand usaha kuat maka akan mudah dibedakan dengan kompetitornya, sebut saja Coca-Cola dan Pepsi, atau Burger King dan McDonald’s,” jelasnya.

Narasumber terakhir, Praktisi IT dan Dosen STIE Nobel Indonesia Makassar, Agunawan, S.Kom., M.Kom., menguraikan ide-ide bisnis digital yang dapat dilakukan dengan hanya bermodalkan secangkir kopi. Membuat website pribadi merupakan kerangka dasar yang dapat diintegrasikan dengan media sosial, afiliasi, dropship, dan beberapa bisnis digital lainnya.

Beberapa usulan peserta terkait tema webinar menjadi masukan untuk pelaksanaan kegiatan selanjutnya. Baik STIE Nobel Indonesia maupun Jeger Barber & Coffeeshop terbuka untuk berkolaborasi dalam membentuk jaringan usaha di Makassar. “Perluas imajinasimu untuk memulai bisnis digital yang berawal dari secangkir kopi,” tutup Agunawan. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *