STIE Nobel Indonesia Gelar Kuliah Praktisi Fintech

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Nobel Indonesia menggelar Kuliah Praktisi untuk semua angkatan mahasiswanya. Kegiatan ini diselenggarakan via zoom, dan diikuti lebih dari 100 peserta mahasiswa STIE Nobel Indonesia, Kamis (3/6/2021) kemarin. 

Kuliah Praktisi kali ini menghadirkan Branch Manager PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk, Dwi Poedji Widodo. Materi yang dibawakannya mengenai Financial Technology (fintech).

Dalam pemaparan materinya, Dwi Poedji Widodo mengatakan bahwa fintech merupakan inovasi industri jasa keuangan dengan memanfaatkan teknologi modern. Fintech sangat memudahkan masyarakat sekarang ini dalam mengakses produk-produk keuangan.

“Fintech ini juga sangat menyederhanakan proses transaksi nasabah perbankan. Jika sebelumnya transaksi nasabah semuanya harus melalui teller bank, sekarang sudah tidak perlu. Beragam kemudahan transaksi dapat diperoleh nasabah cukup menggunakan teknologi online banking, “jelasnya.

Namun, lebih lanjut Dwi menjelaskan bahwa dalam perkembangan fintech tentu memberi tantangan dan masalah baru.

“Banyak tenaga karyawan yang tergantikan oleh teknologi. Salah satu contohnya frontliner bank. Olehnya itu, agar mahasiswa tidak kalah bersaing dengan perkembangan teknologi maka perlu untuk terus meningkatkan skill. Khususnya skill dalam komputerisasi dan marketing,” ucapnya. 

Sementara itu, Dr. Ahmad Firman, S.E., M.Si., selaku penanggungjawab kegiatan kuliah praktisi kali ini, dan juga sebagai Wakil Ketua I Bidang Akademik STIE Nobel Indonesia mengatakan bahwa materi fintech sudah diajarkan kepada mahasiswa nobel pada mata kuliah bisnis. Olehnya itu fintech ini bukanlah hal baru bagi mahasiswa STIE Nobel Indonesia.

“Namun pembahasan fintech kali ini tentu berbeda karena dibawakan langsung oleh narasumber yang sudah sangat menguasai dan telah mengaplikasikan fintech itu sendiri, “tutur Ahmad Firman. 

Diketahui, Kuliah Praktisi sudah menjadi agenda rutin STIE Nobel Indonesia setiap tahun. Narasumber yang dihadirkan juga merupakan pembicara yang memang ahli di bidangnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *