Mendapatkan Pengalaman Kerja Melalui Magang

Magang merupakan kegiatan mahasiswa yang dilakukan di suatu instansi dan bertujuan untuk memperlihatkan, menunjukkan, serta mengetahui seperti apa itu dunia kerja. Magang juga dapat meningkatkan atau menambah kemampuan mahasiswa sehingga mahasiswa bisa lebih siap dan matang ketika memasuki dunia kerja. Mahasiswa tingkat akhir diwajibkan untuk melakukan magang di suatu perusahaan terdahulu sebelum mendapatkan gelarnya sehingga mahasiswa bisa di katakan lulus untuk menuju proses penyusunan tugas akhir yaitu proposal dan skripsi.

Terkait masalah magang, juga telah diatur dalam Undang-Undang No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan khususnya pasal 21–30, lebih spesifiknya diatur dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi no. Per.22/Men/IX/2009 tentang Penyelenggaraan Pemagangan di Dalam Negeri.

Dalam Peraturan Menteri tersebut, pemagangan diartikan sebagai bagian dari sistem pelatihan kerja yang diselenggarakan secara terpadu antara pelatihan di lembaga pelatihan dengan bekerja secara langsung di bawah bimbingan dan pengawasan instruktur atau pekerja yang lebih berpengalaman dalam proses produksi barang dan jasa di perusahaan, dalam rangka menguasai keterampilan atau keahlian tertentu.

Adapun beberapa keuntungan magang bagi mahasiswa, yaitu:

Pentingnya magang ialah mahasiswa dapat lebih mandiri serta dapat mengandalkan kemampuannya sendiri.

Tidak hanya menambah pengalaman kerja, mahasiswa juga dapat bertemu dengan banyak orang sehingga dapat memperluas koneksi dan relasi. Sehingga banyak peluang untuk mendapatkan sesuatu yang baru.

Kegiatan magang pun bisa menjadikan jenjang karir mahasiswa lebih terarah dan menjadi bekal dalam menjalani karir yang sesungguhnya.

Pentingnya magang yang terakhir ialah, banyak dari mahasiswa yang dipekerjakan langsung oleh perusahaan yang ia tempati. Sudah pasti itu adalah suatu keuntungan bagi mahasiswa dimana saat ini sulitnya dalam mencari pekerjaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *