Edukasi Kemasan Produk untuk Mahasiswa STIE Nobel Indonesia

Don’t judge a book by its cover—jangan menilai sebuah buku dari sampulnya, jangan menilai sesuatu hanya dari cover atau bagian luarnya saja. Istilah yang kerap kali didengar ini nyatanya tidak berlaku untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Cover atau kemasan produk UMKM menjadi hal yang penting disamping kualitas produk itu sendiri, seringkali keputusan membeli muncul setelah tertarik dengan kemasan produk.” Demikian diungkapkan oleh Konsultan Rumah Kemasan KUKM Sulsel—Muhammad Yusri, S.S., saat menerima kunjungan mahasiswa STIE Nobel Indonesia di Rumah Kemasan KUKM Sulsel, Jl. AP. Pettarani pada Senin, (29/03/2021) kemarin.

Muhammad Yusri sangat mengapresiasi kunjungan dari mahasiswa STIE Nobel Indonesia tersebut. Menurutnya, fungsi dari rumah kemasan juga memberikan edukasi kepada mahasiswa yang juga calon wirausaha muda mengenai pentingnya kemasan sebuah produk. Serta bagaimana caranya mendesain kemasan yang menarik dan memiliki daya saing.

Wakil Ketua I Bidang Akademik STIE Nobel Indonesia—Dr. Ahmad Firman, S.E., M.Si., mengatakan, kunjungan seperti ini adalah kegiatan akademik STIE Nobel Indonesia yang sudah rutin dilaksanakan setiap semester.

Diketahui sebagai kampus wirausaha, di STIE Nobel Indonesia terdapat mata kuliah khusus yakni mata kuliah Praktek Bisnis Terintegrasi, target dari mata kuliah ini adalah mahasiswa harus memiliki bisnis atau produk sendiri.

Bahrul Ulum Ilham, S.Pd., M.M., selaku dosen dari mata kuliah tersebut menjelaskan bahwa, mahasiswa setelah mendapatkan pemahaman tentang mindset bisnis dan bagaimana menciptakan ide-ide bisnis, sebelum mereka mengembangkan ide bisnis atau membuat produk, mereka perlu mendapatkan materi tentang cara membuat kemasan. Harapannya agar produk yang dihasilkan kelak memiliki kemasan menarik yang bernilai jual tinggi.

Kunjungan mahasiswa STIE Nobel Indonesia pada kesempatan tersebut kemudian ditutup dengan pengenalan terhadap jenis-jenis mesin kemasan, dan melihat contoh-contoh produk yang sudah didesain kemasannya di Rumah Kemasan KUKM Sulsel.

Untuk diketahui, Rumah Kemasan KUKM Sulsel ini berada di bawah naungan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulawesi Selatan. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *