5 Keterampilan Pengusaha Versi Richard Branson

Richard Branson memulai bisnis pertamanya di usia 16 tahun. Sepanjang mengelolah bisnisnya, founder dari Virgin Group tersebut sudah bertemu dan bekerja sama dengan banyak pengusaha sukses. Dilansir dari liputan6.com, menurut Branson, tidak ada pengusaha yang memiliki jalan hidup yang sama. Setiap pengusaha sukses, selalu memiliki jalannya masing-masing. Cara berpikir setiap pengusaha berbeda-beda, dan itulah yang membuat mereka sukses. 

Namun, dari 50 tahun mengelola bisnisnya hingga sukses seperti saat ini, Richard Branson melihat ada beberapa keterampilan yang selalu dimiliki oleh para pengusaha sukses. Berikut ini 5 keterampilan yang dimaksud:

1. Mau mengambil risiko

Orang yang paling beruntung dalam berbisnis menurut Branson adalah mereka yang sudah menyiapkan segala hal untuk menghadapi risiko. “Kita semua sebenarnya bisa membuat keberuntungan sendiri dengan mau mengambil resiko yang memang diperlukan. Risiko tersebut menjadi pintu untuk meraih kesuksesan, “jelasnya.

2. Merangkul kegagalan

Saat pertama kali memulai bisnis, tidak semua orang bisa langsung meraih kesuksesan. Banyak yang mengalami kegagalan. Namun kita harus bisa belajar dari kegagalan tersebut. Seorang pengusaha sukses tidak pernah takut akan kegagalan. Sara Blakely, pendiri Spanx bahkan mengatakan kegagalan adalah rahasia kesuksesannya.

3. Berpikir besar

“Ketika saya memulai bisnis Virgin, saya tidak melihat bisnis itu sendiri, saya melihat yang lebih besar. Pengusaha sukses akan memiliki ide untuk menjadikan sebuah bisnis menjadi besar, “ungkapnya.

4. Membangun tim yang baik 

Berharap bisa membangun dan menjalankan bisnis sendiri adalah sebuah dongeng. Kita pasti membutuhkan sebuah tim yang membantu membangun bisnis dari kecil. Kita harus bisa mendelegasikan ide-ide kepada tim, dan tim tersebut akan mewujudkannya. Pendiri facebook, Mark Zuckerberg mengatakan bahwa untuk menjadi besar di dunia ini tidak bisa dilakukan sendiri, kita harus memiliki tim.

5. Kemampuan komunikasi 

Komunikasi membuat dunia bisa berputar. Komunikasi bisa menghubungkan satu manusia dengan manusia lainnya. Komunikasi juga memungkinkan seseorang untuk belajar. Komunikasi yang bukan hanya mampu sekedar berbicara. Namun bisa membuat atau menerjemahkan ide ke dalam kata-kata sehingga bisa dilaksanakan dengan baik.

sumber:

https://www.liputan6.com/bisnis/read/2843536/pengusaha-perlu-punya-5-keterampilan-ini-versi-richard-branson

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *