Rencana Program Kerja Sama UMKM di Barru

Kerja Sama UMKM

Barru, 31 Agustus 2017. Hampir sebulan mahasiswa KKN STIE Nobel berbaur dan berpartisipasi dalam aktifitas kemasyarakatan di Kabupaten Barru. Banyak aktifitas yang telah dilakukan terutama yang berkaitan dengan pengembangan ekonomi mandiri. Salah satunya aktifitas mahasiswa KKN yang bermukim di Kelurahan Mattirowalie Kecamatan Pujananting. Setelah melakukan observasi di wilayahnya Siswanto dan rekan-rekannya menemukan 38 UMKM di daerah tersebut. Mereka mengidentifikasi persoalan yang mendera UMKM tersebut yang kesemuanya berujung pada dua hal yakni persoalan manajemen dan permodalan.

Lewat hasil observasi tersebut mereka lewat kerja sama dengan pemerintah kelurahan setempat yang dipimpin oleh Drs. H. Alimuddin menginisiasi program kerja sama pemberdayaan UMKM. Program ini nantinya melibatkan antara pihak STIE Nobel dengan Kelurahan Mattirowalie sebagai daerah binaan.

Mengawali program kerja sama kedua pihak, mahasiswa KKN STIE Nobel memberikan pelatihan pemberdayaan UMKM yang digelar pada Rabu kemarin (30/08/2017) di kantor kelurahan. Menghadirkan dosen STIE Nobel yakni DR. Muh. Idris dan Abdullah Abidin, SE.,M.Si mereka memberikan pengetahuan awal bagi pelaku UMKM setempat tentang manajemen dan aplikasi pembiayaan.

“Usaha jalan dan untung tapi tidak ada yang tahu cara bikin pembukuan” Ungkap Abdullah Abidin setelah memberikan pelatihan.

Program kerja sama ini akan terus berlanjut, walaupun mahasiswa KKN sudah tidak lagi bermukim di wilayah mereka. Ditemui di sela-sela kegiatan, Lurah Mattirowalie bersyukur dengan terjalinnya kerja sama tersebut.

“Sudah lama kita cari yang begini, adanya perhatian pihak luar untuk daerah terutama untuk pengembangan usaha kecil” Ujar Alimuddin.

Kelanjutan program ini diantaranya pihak STIE Nobel lewat mahasiswa KKN akan kembali mengadakan pelatihan berupa teknik pelaporan keuangan dan manajemen perencanaan usaha. Selain itu pihak STIE Nobel juga akan menjadi penyambung komunikasi kepada pihak swasta untuk membantu permodalan UMKM terkhusus di Kelurahan Mattirowalie.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *