Relevansi bisnis dan organisasi

Pada dasarnya bisnis dan organisasi adalah dua hal yang penting dalam kehidupan keseharian sosial kita. Dimana bisnis adalah sebuah pengharapan untuk kehidupan sejahtera dimasa yang akan datang dan organisasi adalah sebuah penunjang utama dalam mengembangkan dan menambah wawasan serta relasi sosial kita. Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang bisnis, organisasi serta relevansi dari keduanya.

Menurut Hughes dan Kapoor, bisnis adalah suatu kegiatan individu atau kelompok yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang atau jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Pendapat ini dapat diartikan bahwasanya dalam menjalankan sebuah bisnis ada proses yang terencana secara sistematis yang mesti di perhatikan oleh pelaku bisnis, yang berorientasi keuntungan/laba dengan memperhatikan kebutuhan masyarakat.

Dalam perkembangannya, bisnis tidak lagi menjadi sebuah komoditas yang hanya memproduksi lalu memasarkan barang/jasa, melainkan bisnis harus memiliki nilai tambah dari produk yang dibuat kemudian dipasarkan ke konsumen. Nilai tambah yang dimaksud menuntut kreativitas dan juga inovasi dari pelaku bisnis dalam memproduksi maupun memasarkan produknya. Inilah yang disebut dengan Design thinking and innovation dalam dunia bisnis.

Dengan tafsiran dan definisi dari bisnis yang begitu kompleks dipahami oleh masyarakat, ada sebuah faktor penunjang yang penting dalam menjalankan sebuah bisnis yaitu organisasi. Mengapa? Karna salah satu manfaat dari organisasi adalah dapat menjangkau relasi bisnis yang luas dari berbagai kelompok masyarakat, menurut Chairul tanjung (CEO CT Corp).

Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah bagi orang-orang untuk berkumpul, bekerja sama secara rasional dan sistematis, terencana, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode, lingkungan), sarana-prasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi, (Wikipedia.org).

Dari banyaknya organisasi yang ada, kita di mungkinkan untuk bergabung didalamnya selama unsur dan syaratnya dapat kita penuhi. Bergabung dalam sebuah organisasi adalah sebuah pilhan individu namun berperan penting didalamnya merupakan keberanian untuk mengambil tanggung jawab yang akan menjadikan kita pribadi yang lebih kompeten dalam mengelola bisnis dikemudian hari.

Dengan pengetahuan bisnis dan pengalaman organisasi akan sangat membantu seseorang dalam mengembangkan ide-ide bisnisnya, serta akan membuat para pelaku bisnis lebih profesional dalam mengelola bisnis mereka. Bisnis dan organisasi akan sangat membantu seseorang dalam mencapai kesejahteraan hidup dimasa yang akan datang, dengan berbagai contoh tokoh-tokoh bangsa misalnya yang kita kenal sekarang ini seperti, Chairul Tanjung (CT Corp), M. Jusuf Kalla (NV Hadji Kalla), Sandiaga Uno (Saratago Investama), Arman Sulaiman (PT Tiran Group), dan masih banyak lainnya. Mereka selain menjadi pebisnis yang sukses juga didukung dengan berbagai latar belakang organisasi yang berbeda.

Relevansi antara bisnis dan organisasi merupakan penyatuan antara pengetahuan dan tindakan dasar dalam menjalakan aktivitas sosial sebagai masyarakat yang memiliki harapan mencapai kesejahteraan dimasa yang akan datang, bisnis dan organisasi memiliki orientasi sosial yang besar guna menunjang kemajuan suatu bangsa.

Narator : NIDC Ilham Darmawan

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *