Deskripsi Pusat Penjaminan Mutu Internal

Proses penjaminan mutu pada STIE Nobel Indonesia Makassar merupakan kegiatan mandiri, sehingga proses tersebut dirancang, dijalankan, dan dikendalikan sendiri oleh STIE Nobel Indonesia tanpa campur tangan dari Pemerintah, dalam hal ini Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Namun demikian, pemerintah telah memberikan pedoman standar yang terkait dengan proses penyelenggaraan Pusat Penjaminan Mutu, dengan harapan Perguruan tinggi agar menjalankan proses seperti diuraikan di dalam pedoman tersebut.

Kebijakan pemerintah tersebut diambil karena disadari bahwa setiap perguruan tinggi memiliki spesifikasi yang berlainan, antara lain dalam hal ukuran, struktur, sumber daya, visi dan misi, sejarah, dan kepemimpinan.

Mengenai posisi dan arti penting lembaga ini pada STIE Nobel Indonesia, dapat dikemukakan bahwa di masa mendatang eksistensi STIE Nobel Indonesia tidak semata-mata tergantung pada pemerintah, melainkan terutama tergantung pada penilaian stakeholders (mahasiswa, orang tua, dunia kerja, pemerintah, dosen, tenaga penunjang, serta pihak-pihak lain yang berkepentingan) tentang mutu pendidikan tinggi yang diselenggarakannya.

Agar eksistensinya terjamin, maka STIE Nobel Indonesia harus mengedepankan mutu pada proses penyelenggarakaan pendidikannya. Perlu dikemukakan bahwa penilaian stakeholders senantiasa berkembang, maka jaminan mutu juga harus selalu disesuaikan pada perkembangan itu secara berkelanjutan (continuous improvement). Pusat Penjaminan Mutu mempunyai arti penting, berasosiasi dengan pemikiran besar.

Secara umum yang dimaksud dengan penjaminan mutu adalah proses penetapan dan pemenuhan standar mutu pengelolaan secara konsisten dan berkelanjutan, sehingga konsumen, produsen, dan pihak lain yang berkepentingan memperoleh kepuasan. Dengan demikian, jaminan mutu pendidikan tinggi adalah proses penetapan dan pemenuhan standar mutu pengelolaan pendidikan tinggi secara konsisten dan berkelanjutan, sehingga stakeholders memperoleh kepuasan.

VISI MISI DAN PROGRAM

PUSAT PENJAMINAN MUTU INTERNAL (PPMI)

STIE NOBEL INDONESIA

VISI

Menjadi Pusat Pengembangan, Penjaminan, dan Pengendalian Mutu Pendidikan

MISI

  1. Mengembangkan Sistem Penjaminan Mutu Internal
  2. Meningkatkan Penjaminan Mutu berbasis Akreditasi Program Studi dan Institusi
  3. Melaksanakan Pengendalian Mutu Internal berbasis Program Studi dan Institusi

TUJUAN

Meningkatkan Kinerja Akademik melalui Pengembangan Sistem Penjaminan Mutu yang berkelanjutan.

PROGRAM

  1. Merencanakan Program Pengembangan Sistem Penjaminan Mutu Internal.
  2. Melaksanakan Program Pengembangan Sistem Penjaminan Mutu Internal.
  3. Memonitoring dan Evaluasi Program Pengembangan Sistem Penjaminan Mutu Internal.